Batik Koleksi Ivan Gunawan

NEWSPEDIA.ID – Dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 2 Oktober, Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) menggelar KAART JAGAT IPMI Batik Fashion Show pada hari Selasa, 26 September 2023 di Senayan City. Acara ini merupakan salah satu highlight dalam rangkaian Fashion Nation 17 di Senayan City yang menampilkan pesona ragam motif batik Indonesia.

KAART JAGAT, yang berarti Peta Dunia, menghadirkan 14 fashion designer terkemuka yang bernaung di bawah IPMI. Mereka, antara lain, Carmanita, Chossy Latu, Danny Satriadi, Denny Wirawan, Didi Budiarjo, Era Soekamto, Eridani, Ghea Panggabean, Ivan Gunawan, Liliana Lim, Mel Ahyar, Sebastian Gunawan, Rama Dauhan, dan Wilsen Willim, memamerkan koleksi-koleksi batik sesuai dengan DNA masing-masing.

Sebastian Gunawan, anggota IPMI dan ketua panitia GAYA Fashion Installation 2023, menjelaskan bahwa KAART JAGAT IPMI Batik Fashion Show bukan hanya penghargaan bagi para desainer IPMI, tetapi juga merupakan bentuk interpretasi pribadi mereka terhadap kekayaan batik Indonesia. Ini akan memperkaya warisan budaya bangsa Indonesia.

Selain itu, IPMI juga memperkenalkan anggota baru, yaitu Rama Dauhan, Wilsen Willim, dan Monica Ivena, yang turut berkontribusi pada perkembangan industri mode tanah air. Mereka bergabung dengan rekan-rekan sesama anggota IPMI dalam memeriahkan acara ini.

Gelaran KAART JAGAT IPMI Batik Fashion Show tidak hanya menjadi ajang peragaan busana, tetapi juga menghadirkan instalasi seni berjudul GAYA Fashion Installation 2023. Delapan belas fashion designer IPMI seperti Andreas Odang, Carmanita, Chossy Latu, Era Soekamto, Denny Wirawan, Danny Satriadi, Didi Budiardjo, Eridani, Ghea Pangabean, Hian Tjen, Ivan Gunawan, Liliana Lim, Mel Ahyar, Sebastian Gunawan, Yogie Pratama, Monica Ivena, Rama Dauhan, dan Wilsen Willim menampilkan karakter dan DNA khas mereka melalui instalasi unik yang dipamerkan dari 21 September hingga 1 Oktober 2023.

Karya-karya ini juga bekerja sama dengan institusi ahli dalam bidang tata ruang instalasi, pencahayaan yang memukau, dan tata suara yang mengagumkan, membawa pengalaman yang luar biasa bagi pengunjung.

Sebastian Gunawan menyimpulkan, “GAYA Fashion Installation 2023 memberikan ruang bagi para anggota IPMI untuk memamerkan kreativitas mereka dalam instalasi seni yang unik dan kreatif. Semua ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat luas melalui seni yang menginspirasi.”(hp)

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *