NEWSPEDIA. ID – Dalam sebuah acara bersejarah yang digelar pada Kamis, 22 Juni 2023, Kedutaan Besar Republik Persatuan Tanzania diresmikan di Indonesia yang menandai momen penting dalam hubungan diplomatik kedua negara. Acara yang dihadiri oleh Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Afrika Timur Republik Persatuan Tanzania Dr. Stergomena Tax, dan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi tersebut semakin memantapkan komitmen kedua negara untuk mempererat hubungan bilateral.

Acara peresmian yang diadakan di Kedutaan Besar Republik Persatuan Tanzania di Kebayoran Baru, DKI Jakarta ini dihadiri pula oleh para duta besar dari negara-negara Afrika di Indonesia, tokoh-tokoh dunia usaha dan industri, serta para pejabat dari Tanzania maupun Indonesia.

Macocha M. Tembele, Duta Besar Republik Persatuan Tanzania untuk Indonesia, menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kehadiran para tamu terhormat pada kesempatan penting tersebut. Dia menekankan fungsi inti kedutaan, yang meliputi perwakilan, perlindungan kepentingan Tanzania, dan penyediaan layanan konsuler bagi warga negara Tanzania dan warga negara Indonesia yang hendak ke Tanzania.

Duta Besar Tembele menggarisbawahi pentingnya kedutaan dalam memperkuat hubungan bilateral antara Tanzania dan Indonesia, mendorong tumbuhnya diplomasi ekonomi, dan memfasilitasi kerja sama yang baik di berbagai sektor. Dia juga menyampaikan komitmen untuk menjalankan tugas sebagai saluran komunikasi antara kedua negara, memastikan bahwa kepentingan kedua negara terlindungi.

“Kedutaan Besar Republik Persatuan Tanzania di Indonesia bertujuan untuk membina hubungan yang lebih erat antara kedua negara kita, memfasilitasi dialog dan kerja sama di berbagai bidang seperti perdagangan, investasi, pariwisata, dan budaya. Kami berdedikasi untuk menyediakan layanan konsuler dan dukungan kepada warga negara Tanzania yang berada di Indonesia dan bagi warga negara Indonesia yang ingin berkunjung ke negara kami,” ujar Dubes Tembele.

Puncak acara peresmian ini ditandai dengan upacara pembukaan plakat yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Afrika Timur Republik Persatuan Tanzania, Dr. Stergomena Tax. Dilanjutkan dengan pengguntingan pita bersama yang dilakukan oleh Dr. Tax dan Menteri Retno Marsudi, menandakan komitmen kedua negara untuk membangun fondasi yang kuat dalam persahabatan dan kerjasama.

Dengan berdirinya Kedutaan Besar Republik Persatuan Tanzania di Indonesia, kedua negara akan membangun kerjasama yang erat di berbagai sektor, termasuk perdagangan, investasi, pariwisata, dan budaya.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Duta Besar Macocha M. Tembele, “Peresmian ini menandai tonggak penting dalam perjalanan diplomatik kami. Kedutaan Besar Tanzania di Indonesia siap menjadi jembatan baru yang menghubungkan bangsa dan rakyat kita, dan semakin memajukan tujuan dan aspirasi bersama kita. ” (hp)

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *